Selasa, 30 Desember 2014

Essay (s) dan Surat Syarat LPDP Beasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis



Di dalam dokumen yang perlu diunggah ke website resmi LPDP anda akan diminta untuk menuliskan 3 buah esai dengan topik berbeda, membuat surat pernyataan dan juga melampirkan surat rekomendasi. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui / perhatikan mengenai dokumen tersebut.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Surat Pernyataan

LPDP telah memberikan contoh bentuk surat pernyataan dalam lampiran PDF berjudul : booklet_beasiswa lpdp (pdf file). Anda akan menemukan contoh surat pernyataan yang berisi 5 point di dalam lampiran ini. Yang perlu diperhatikan : jangan lupa mengganti judul atas dengan Beasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis, menempelkan materai Rp.6000, membubuhkan tanda tangan anda di atas materai. Dan yang tidak kalah penting, anda harus menyimpan surat pernyataan ini karena nantinya pada saat verifikasi dokumen surat pernyataan ini akan dikumpulkan ke LPDP.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Surat Rekomendasi

Tentang surat rekomendasi ini, formatnya juga telah dicantumkan dalam booklet_beasiswa lpdp (pdf file). Terdapat identitas pemberi rekomendasi, dan juga identitas anda. Lalu ada pula pertanyaan panduan dalam membuat rekomendasi (ketika saya mendaftar ada 5 pertanyaan + 1 tabel isian). Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar surat rekomendasi antara lain sbb:

  • Siapakah yang berhak memberikan rekomendasi ?
    •  Tentu saja rekomendasi dibuat oleh orang yang mampu menilai performa dan kualitas anda,serta  akan lebih baik lagi apabila yang memberikan rekomendasi adalah yang memiliki expertise di bidang yang linier dengan bidang anda. Contoh : saat mendaftar kemarin, karena tujuan saya adalah program PPDS Ilmu Kesehatan Anak di UGM, saya kemudian meminta rekomendasi dari seorang Profesor dan Guru Besar di bidang Ilmu Kesehatan Anak, FK UGM.
  • Bagaimana format surat rekomendasi?
    • Kalau saya, menyesuaikan format dari LPDP. Setiap pertanyaan panduan dari LPDP disertai jawaban secara langsung di bawah tiap item pertanyaan. Adapula surat rekomendasi milik teman saya yang terdiri dari bentuk paragraf tanpa menyertakan pertanyaan panduan. Yang penting isinya sesuai dengan apa yang diminta oleh LPDP. Surat rekomendasi tersebut diketik dan dibubuhi tanda tangan dari pemberi rekomendasi.
  • Berapa banyak surat rekomendasi yang dibutuhkan?
    • Setahu saya, LPDP tidak menyebutkan jumlah surat rekomendasi yang dibutuhkan. Saya juga hanya mengumpulkan satu buah surat rekomendasi. Lebih baik anda memiliki satu buah surat rekomendasi dari orang – orang yang betul mengenal anda secara baik daripada banyak rekomendasi namun berasal dari orang yang hanya mengenal secara superficial/ permukaan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Tiga Essay (s) LPDP



“Saya bingung harus menulis apa..”, “Saya tidak punya ide..”, “ Saya bingung harus memulai dari mana..”

Sama kok! Kalimat – kalimat di atas lah yang dulu muncul saat saya hendak membuat essay. Proses pembuatan essay memang tidak mudah. Saya butuh dua setengah minggu untuk membuat ketiga essay tersebut. Bahkan ketika hari H minus 15 jam dari batas pengiriman dokumen via website LPDP saya masih memberikan beberapa perubahan dalam essays.

Secara general, proses penulisan tiga essays saya kemarin melalui beberapa tahapan sebagai berikut

  • Saya mulai dengan mencari inspirasi. Darimana inspirasi itu datang? Saya aktif bertanya kepada para LPDP Awardees dan juga mereka yang pernah menerima beasiswa serupa, saya juga mengumpulkan informasi dari blog – blog LPDP awardees tentang contoh dan tips penulisan essay.
  • Mulailah dengan membuat draft untuk ketiga essay. Tulis semua ide anda yang masih melayang – layang. Tuliskan saja, tidak masalah apabila anda menuliskan banyak (lebih dari 500-700 kata). Tulis saja apa yang ada di kepala dan pikiran anda ketika anda diminta untuk membuat rencana studi, sukses terbesar dan peran bagi Indonesia. Mulailah membuat draft untuk topic yang diminta satu demi satu. Anda dapat menuliskannya dalam bentuk paragraf atau hanya berupa point point ide, anda boleh mengetiknya di laptop, telepon genggam, menuliskan di kertas corat coret atau di buku. Terserah anda. Lakukan apa yang membuat anda nyaman. Anda juga bisa membuat jadwal : satu hari satu topic satu draft.
  • Ambil satu persatu draft anda. Reflect it back to the main question. Apakah draft yang sudah anda buat telah menjawab pertanyaan? Berikut saya coba berikan beberapa tips untuk melakukan self assessment terhadap draft anda
    • Perhatikan paragraph pertama / point yang akan anda tuliskan dalam paragraph pertama, apakah nantinya anda  akan menulis essay secara induksi atau deduksi . Dimana anda hendak meletakkan kesimpulan? Hati hati kalau anda meletakkan kesimpulan di belakang, anda harus yakin bahwa pembaca, dalam hal ini tentu saja reviewer akan tertarik membaca paragraph selanjutnya. Jangan sampai sebelum menangkap inti dari essay anda reviewer sudah enggan membacanya.
    • Jangan bertele – tele.  Anda memang harus membuat penjelasan/ uraian akan point – point penting yang ingin anda sampaikan, tetapi jangan sampai malah bertele – tele. Penjelasan dan uraian yang anda buat harus mendukung ide utama / pokok pikiran. Bukannya malah menjadi cerita baru yang tidak memiliki fokus.
    • Sudah runut atau belum? Anda harus menciptakan plot dalam essay anda. Contoh : ketika membuat rencana studi tentu saja anda harus mulai dengan rencana terdekat anda untuk menggunakan beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi yang dikehendaki, bukan malah tiba tiba menceritakan rencana kerja anda setelah lulus nantinya sebagai pembuka essay
    • Follow the rules. Artinya anda harus mengikuti apa yang diminta LPDP. Buat essay sesuai ketentuan yaitu 500-700 kata. Bahas essay anda sesuai dengan topic yang diminta. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, secara tidak sengaja kadang kala saya mixed up dalam membuat essay. Contoh : Ketika menulis rencana studi, tiba tiba saya juga memberikan penekanan bahwa apa yang saya rencanakan ini juga bermanfaat untuk Indonesia (ya, saya jadi mixed up dengan peran saya untuk Indonesia). Hal semacam ini memang sangat mungkin terjadi. Nah, kira – kira boleh atau tidak ya? Menurut saya dan hasil diskusi dengan para scholarship awardee(s) sepertinya boleh – boleh saja karena essay satu dengan yang lain masih saling berkaitan dan memperkuat satu sama lain. Akan tetapi, kembali lagi apa yang anda tuliskan harus sesuai dengan main questionnya. Anda harus  meng high light atau menitikberatkan penjelasan anda sesuai dengan topic essay. Apabila anda sedang menulis rencana studi, fokuslah di rencana studi karena peran bagi Indonesia dapat anda elaborasi kan di topic essay yang lain.
    • Jangan terpaku dengan contoh. Hal ini pernah juga saya alami. Dengan essay seperti ini si A dapat diterima, berarti kalau mau diterima essay saya harus seperti si A. Munggkin hal tersebut pernah terpikir oleh anda. Menurut saya, tentu saja hal semacam itu tidak tepat. Percayalah dengan kemampuan anda menulis. Anda yang paling mengenal diri anda. Anda tahu kapasitas anda, anda tahu kelebihan dan kekurangan anda, anda tahu potensi apa yang terdapat dalam diri anda. Ya, hanya anda sendirilah yang paling memahami diri anda. Perlu diingat, essay ini juga akan menjadi bahan saat anda wawancara nantinya. Jadi anda benar – benar harus yakin dengan apa yang anda tulis.
    • Tunjukkan bahwa anda layak. Setiap essay yang anda tulis harus “menjual”, harus semakin meyakinkan bahwa “Saya layak mendapat beasiswa LPDP”, harus mampu menegaskan bahwa “LPDP tidak punya alasan untuk tidak menerima saya, they have to choose me no matter what.!”. Anda harus meng – iklankan diri anda sebaik mungkin. Anda harus dapat memperkenalkan diri anda, passion anda, kualitas anda, potensi anda dalam tiga essay secara sinergi dan terintegritas. Anda harus mampu menampilkan hal tersebut dalam essay anda.
Untuk lebih mudahnya, berikut saya berikan outline apa yang menurut saya perlu ada dalam essay yang anda tuliskan. Sekali lagi outline ini saya tulis atas pendapat pribadi saya semata. Tujuan saya menuliskan ini juga semata – mata hanya untuk memberikan gambaran untuk anda. Anda sama sekali tidak wajib untuk mencantumkan hal – hal ini dalam essay anda. Bagaimana anda mengemas essay; itu adalah hak anda. Remember, everybody is unique. Saya unik, anda juga unik. Feel free to explore you uniqueness !

Essay 1 : Rencana Studi

  • Latar belakang dan alasan mengapa anda memilih studi inidapat didukung dengan data statistic, misal : jumlah dokter spesialis anak yang masih sedikit (sebutkan rasio nya))
  • sampaikan mengapa anda really want this (apakah karena linier dengan bidang studi anda sebelumnya, nilai manfaat apabila anda melanjutkan studi
  • tunjukkan bahwa anda memang highly passionate di bidang ini
  • Rencana Studi secara detail
    • persempit scope anda, sekarang mulailah menjelaskan kenapa anda harus melanjutkan studi di tempat A (apakah karena itu almamater anda, atau karena program studi nya, karena telah terakreditasi, karena kualitasinya)
    • jabarkan masa studi secara detail, garis besar kegiatan apa yang anda lakukan dalam masa studi, apabila perlu : sampaikan rencana thesis/ disertasi apa yang akan anda tulis beserta dengan alasannya
    • yakinkan reviewer bahwa dengan masa studi yang telah ditetapkan tersebut anda dapat lulus tepat waktu
    • be futuristic. Anda memang harus menitikberatkan pada rencana studi lanjutan jangka dekat, akan tetapi tidak ada salahnya apabila anda menambahkan rencana studi anda setelah itu. Sampaikan dalam bentuk timeline (misalnya : 15 tahun dari sekarang saya akan…….; atau dapat pula anda sampaikan dalam bentuk tabel)
    • sebagai penutup sampaikan bahwa pada akhirnya apa yang ada dalam rencana studi anda ini juga disertai dengan harapan yang tinggi untuk memberian kontribusi bagi Indonesia.

Essay 2 : Peranku bagi Indonesia

Ada beberapa kategori peran yang mungkin anda tulis yaitu tentang peran yang telah anda lakukan, peran yang sedang anda lakukan, dan peran anda di masa depan. Saya lebih suka menitikberatan pada peran yang telah saya lakukan dan sedang lakukan. Mengapa? Karena peran itu nyata. Apabila anda menulis dalam bentuk future, berarti anda hanya berandai andai, dengan kata lain : anda belum berperan bagi Indonesia.

Dalam menulis essay saya juga membagi peranan saya dalam bentuk beberapa kategori / bidang, misalnya karena saya seorang dokter, saya sampaikan peran saya sebagai seorang klinisi (saya bercerita bahwa saya pernah menjadi dokter di puskesmas dan juga rumah sakit kepolisian) dan beberapa bidang yang menurut saya relevan (misalnya : pengalaman mengajar dan pengalaman penelitian).

Anda tidak harus memiliki peranan yang besar, meskipun kecil, tetap saja dapat andas sampaikan. Sampaikan bahwa memang belum berperan banyak bagi Indonesia , tetapi anda menyimpan keinginan besar untuk berperan.

Essay 3 : Sukses terbesar dalam hidupku

Saya menafsiran pertanyaan dalam essay ini sebagai satu hal tunggal yaitu sukses yang palliiiiiiing besar dalam hidup saya saat ini. Saya menuliskan sukses terbesar saya sebagai seorang dokter. Kemudian saya elaborasikan dan visualisasikan ke pembaca bagaiaman sukses sebagai dokter ini sungguh saya rasakan (contoh : dengan menjadi dokter saya mendapat kesempatan untuk melayani banyak orang). Mungkin anda balik bertaya, “bagaiamana kalau sukses yang saya rasakan ada banyak?”. Jawabannya sederhana, kembalilah ke pertanyaan essay yang meminta anda untuk menulis sukses TERbesar dalam hidup anda.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf saya tida dapat menyampaikan contoh essay saya dalam blog ini. Bukan apa – apa, karena saya tidak ingin membatasi pikiran anda. Come on, you can do more, you can do better than me, better than anyone else!

Untuk tips tentang interview LPDP, dapat anda lihat dalam post saya selanjutnya :)



9 komentar:

  1. ass wr wb.
    tulisannya cerdas sekali mbak, sangat membantu
    mbak bisa minta contoh essay LPDP buat referensi , kalau bisa dikirim ke vinnydwimelliny@gmail.com
    thanks mbak

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya dok..

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya dok.. memeberikan pencerahan disaat saya sedang galau menulis esai. :)

    BalasHapus
  4. mba winnnnn.. so cool!! tnyata km ngeblog ttg lpdp mu yah.. ak boleh mnta contoh essay mu kmrn ga klo ga keberatan hehee.. donatilanovrinta@yahoo.com yahh tengs a bunch!! (ur mba noph)

    BalasHapus
  5. Mbak, mau tanya perihal surat rekomendasi yang Mbak dapatkan dari Profesor dan Guru Besar Ilmu Kesehatan UGM. Kontribusi apa yg sdh Mbak lakukan agar Prof tsb mau memberikan rekomendasi thdp Mbak? Apakah sblmnya Mbak memang mahasiswa dg jurusan linear yg aktif/bgmn? Saya masih kurang paham ttg surat rekomendasi. Hehe. Mohon tanggapannya ya, Mbak. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Aslm, mbak, siapa y lain y berhak memberikan surat rekomendasi kalau d kabupaten saya kerja tdk ada d bidang y sama, dan asal sekolah sebelumnya d provinsi y berbeda, bisakah kepala dinas atau direktur rumah sakit setempat? Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,, mba sya mau menanya mengenai surat rekomendasi. saat ini saya sudah bekerja di slah satu instansi pendidikan d daerah tempat tinngal saya. saya berlatar belakang pendidikan sebagai seorang guru kemudian saya ingin melanjutkan s2 jurusan manajemen. yg jdi pertanyaan saya kpada siapa sya meminta surat rekomendasi tersebut?? apakah dari instansi tempat saya bekerja atau dari dosen kampus yang pernah menjjadi dosen ajar dan pembimbing skripsi saya? mhon d balas k email saya mba. anikkurniawatyy@gmail.com

    BalasHapus
  9. S128Cash Bandar Betting Online Terbaik dan Terbesar di Indonesia.
    Jika Anda seorang peminta Judi Online, Anda wajib bermain disini dan kami jamin Anda akan merasakan Sensasi dan Kenyamanan yang LUAR BIASA !!
    Disini kami menyediakan semua permainan Populer seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.

    Segera daftarkan diri Anda bersama kami dan dapatkan PROMO BONUS yang tersedia, yaitu :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Untuk pendaftarannya sangat mudah dan GRATIS!!
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Situs Judi Bola

    BalasHapus